Mengenal Content Management System (CMS) DRUPAL

 1.      SEJARAH CMS DRUPAL

Drupal adalah salah satu CMS (Content Management System) yang cukup populer. Sejarah asal mula munculnya CMS Drupal  ini diawali oleh Dries Buytaert, (lahir di Belgia, 19 Nopember 1978), seorang PhD dalam Ilmu Komputer pada 27 Januari 2008 pada Universitas Ghent, membangun Drupal hampir tanpa sengaja yang dimulai sekitar tahun 1998 dan 1999.

Saat belajar di kampus dengan kawan-kawannya, Dries belajar dengan menggunakan internet nirkabel. Bersama-sama mereka mencoba membangun jaringan lokal (Local Area Network, LAN). Karena dibutuhkan banyaknya komunikasi dan pertukaran informasi dalam proyek LAN tersebut, Dries memutuskan untuk membuat aplikasi Forum Diskusi. “Forum Diskusi” ini bisa diakses lewat LAN mereka dan setelah Dries lulus, diputuskannya untuk memindahkan “Forum Diskusi” tadi ke internet dengan sebuah situs.

Awalnya Dries ingin mendaftarkan situs dalam Bahasa Belanda “Dorpje” yang berarti “desa kecil”. Saat mendaftarkan domain Dries salah mengetikkan domain dan mengisinya dengan “Drop”, bukan Dorpje seperti yang diinginkan sebelumnya. Tapi kemudian dia mempertahankan nama tersebut karena belum ada yang memiliki. Jadi situs internet pertama yang menggunakan versi online Drupal adalah Drop.org. Sekitar satu tahun kemudian, sekitar tahun 2000 atau 2001, Dries mendapatkan banyak ide dan fitur baru dari orang lain yang tertarik dengan “Papan Pesan” buatannya itu. Dries kemudian melakukan penelitian pada pasokan RSS, Moderasi Konten dan teknologi internet lain.

Saat ketertarikan pada softwarenya berkembang, permintaan akan fitur baru juga bertambah. Dries memutuskan softwarenya menjadi open source supaya komunitas bisa bereksperimen sendiri dengan software tersebut, dan dia tetap memiliki waktu sendiri dalam eksperimen dan pengembangan. Saat itulah kemudian “Papan Diskusi”nya menjadi Software Open Source “Drupal”. Drupal sendiri merupakan produk dari beberapa kejadian yang tidak diduga

Salah satu kejadian tersebut berhubungan dengan situs Kerneltrap.org yang dikelola Jeremy Andrews. Dries mengirimi Jeremy email dan menyarankannya menggunakan Drupal pada situsnya. Keduanya kemudian bekerja sama untuk menangani lonjakan trafik internet yang tak terduga. Dari hasil kolaborasi tersebut, Jeremy membuat beberapa modul dan menulis beberapa artikel tentang modul Drupalnya dan cara kerja Drupal. Dia fokus pada karakteristik teknis Drupal. Inilah yang kemudian membawa banyak ketertarikan komunitas internet atas Drupal.

Drupal terus berkembang dan Drupal.org, situs utama Drupal yang kini memiliki lebih dari 350.000 anggota, menyediakan dukungan dan dokumentasi untuk implementasi Drupal. Jutaan salinan software ini sudah diunduh sejak dirilis. Drupal.org didaftarkan pada tanggal 26 April 2001.

2.      PENGERTIAN DRUPAL

Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL, Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website.

Sekarang lanjut ke topik utama posting ini. Ada beberapa alasan mengapa Drupal ini bisa menjadi yang terbaik tahun 2008, sangat populer sampai saat ini sehingga runner up 2010, dan saya bilang CMS terunik.

1. Sistem Taksonomi

Drupal memiliki kelebihan dalam membuat sistem kategori dan klasifikasi yang sangat kompleks. Ini adalah salah satu kefleksibelan CMS ini. Pada Drupal terdapat istilah node yang mengacu pada semua konten yang ada. Kelebihan ini sangat membantu website yang mengutamakan konten sebagai nilai jualnya seperti situs portal berita.

2. Dukungan Database

Tidak hanya mendukung MySQL yang biasa digunakan CMS lainnya, Drupal juga mendukung PostgreSQL dan MS SQL. Sehingga menambah opsi lain dalam memilih software RDBMS.

3. Ringan

Bila dibandingkan dengan ukuran Joomla yang bisa mencapai 6,5 MB dan ketika diekstrak bisa mencapai 10 MB, atau wordpress yang berukuran 2,3 MB lalu ketika diekstrak menjadi sekitar 5 MB, Drupal sangat jauh lebih ringan. Drupal hanya berkisar diukuran 1 MB dan 3,3 MB saat diekstrak. Imbasnya ada pada kecepatan server untuk mengeksekusi perintah – perintah menjadi lebih ringan. Dan dengan file yang sangat sedikit juga mempermudah dalam perbaikan bug dan kinerja website nantinya.

4. Fitur Modular

Pada Drupal setiap penambahan fitur modul dan bloknya akan menambah sistem yang ada. Berbeda dengan CMS lain yang kadang menambah fitur yang sudah ada tetapi sedikit berbeda saja.

5. Development yang cepat

Dikatakan bahwa kecepatan keluarnya versi terbaru dari drupal adalah yang tercepat. Menurut saya kecepatan Drupal saat ini tengah bersaing dengan kecepatan pengembangan WordPress. Namun developernya berpendapat bahwa setiap update Drupal akan selalu menambahkan fitur yang setara dengan major version (biasanya minor version hanya perbaikan bug saja tanpa adanya fitur baru).

6. Multisite

Inilah satu fitur yang hanya ada di Drupal. User dapat membuat website anak di bawah website induk yang telah dibuat. Sangat menarik, misalnya anggota website bisa membuat websitenya sendiri – sendiri. Untuk update, kita hanya perlu mengupgrade website induknya saja. Lalu website – website anak akan mengikuti perkembangan website induknya.

7. Klasifikasi User

Pada drupal dimungkinkan untuk pengaturan user yang kompleks. Misalnya  seorang user bertugas untuk menulis dan mengedit, tetapi tidak memiliki kewenangan untuk mengedit tulisan user lain.

8. Forum

Tidak perlu menambahkan modul dari luar, fitur forum sudah satu paket dalam installasi Drupal.

9. Tracker

Drupal memiliki fitur untuk menampilkan apa saja yang pernah ditulis atau dikirim oleh user tertentu. Pada website ini hanya dengan mengklik “Tracker” maka akan ditampilkan semua blog, artikel, forum, maupun komentar yang pernah anda tulis. Drupal memang sudah memiliki fungsi tracker secara default.

3.      KELEBIHAN DAN KELEMAHAN DRUPAL

Kelebihan Drupal

  1. Instalasi juga cukup mudah
  2. kemudahan dalam membuat modul
  3. support database selain MySQL
  4. lebih ringan

Kekurangan drupal

  1. Bukan CMS yang baik untuk dijadikan bahan pembelajaran membuat template
  2. untuk melakukan setup pada server memerlukan lebih banyak waktu dan pengetahuan dibandingkan dengan wordpress atau joomla, otomatis dana yang dikeluarkan pasti lebih besar

4.      CARA MENGINSATAL DRUPAL

Langkah-langkah menginstal drupal yaitu sebagai berikut:

1.       Buat folder baru di C://xampp/htdocs dengan nama misalnya drupalku. Lalu Extract CMS Drupal di folder tersebut. Lihat gambar untuk lebih jelasnya

0001

2.  Buka Browser anda lalu ketik http://localhost/phpmyadmin untuk membuat database baru , lalu ketik nama database terserah anda, disini misalnya fatimah , lalu klik Create untuk membuat database. Lihat Gambar lebih jelasnya.

002

6

3. Masih tetap di Browser, ketikan http://localhost/drupalku (nama folder baru yang kita buat sebelumnya).Pilih Standard  (lihat lingkaran hijau pada gambar) kemudian Klik Save and Continue

003

4. Pada bagian Choose language (seperti gambar dibawah ini)  langsung saja Klik Save and continue.

0045. Pada bagian Verify Requirent Pilih Mysql, lalu isi Database name = fatimah (nama database yang dibuat pada langkah 2) Username = root, password tidak usah diisi (bila anda tidak memberi password pada xampp) Lalu klik Save and continue. Lihat gambar berikut

9

6. Maka Proses instalasi sedang diproses, tunggu sampai selesai (lihat gambar dibawah ini)10

7. Setelah instalasi selesai maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.  Kemudian anda Isi site name dengan nama website anda, disini misalnya fatimah. Lalu email misal fatimah_fillah@yahoo.co.id ( email anda), username yaitu admin, password terserah anda.

11

13

Lalu isi country = indonesia, timezone = Asia/Jakarta. Jangan lupa ceklis update notifications. Lalu Klik Save and continue.

8. Setelah selesai maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, artinya Drupal CMS telah selesai diinstal pada PC/Laptop anda. Klik Visit your new site untuk melihat website yang anda buat.

14

Kemudian akan muncul tampilan website yang anda buat. Untuk memperbagus tampilan atau mengisi konten dan lain-lain silahkan anda pelajari sendiri karena pada dasarnya drupal hampir sama dengan blogger.

15

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s