Sidang Angie

Kamis, 08/11/2012 15:34 WIB

Saksi: Ada Jatah US$ 75 Ribu untuk Politikus Golkar Oheo Sinapoy

Ferdinan – detikNews

Jakarta – Nama anggota Komisi VIII DPR, Muhammad Oheo Sinapoy, disebut di persidangan lanjutan terdakwa Angelina Sondakh. Anggota Fraksi Golkar itu disebut mendapat jatah 75 ribu USD dari Grup Permai.

Adanya jatah uang ini diungkapkan karyawan bagian pemasaran Grup Permai, Bayu Widjojongko. Mulanya Bayu menerangkan adanya perintah Mindo Rosalina Manulang untuk menyerahkan uang ke Angie.

“Saya memang diperintah mengambil Rp 1 miliar dibagi 2, 500 juta untuk Oheo dan 500 juta untuk Angie. Ketika ke Ibu Rina (Octarina Furi, staf keuangan Grup Permai, red) uang belum siap,” kata Bayu saat menjadi saksi untuk Angie di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Bayu juga mendapat perintah kedua dari Rosa untuk menyerahkan uang 150 ribu USD, yang sebagiannya merupakan jatah untuk Oheo. “Uang ke Oheo yang mana?” tanya penasihat hukum Angie, Nasrullah.

“75 ribu USD. Oheo Komisi VIII, tapi (apakah uang) diantar ke komisi VIII saya tidak tahu,” jawabnya.

Nasrullah kemudian membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) Bayu nomor 27 saat diperiksa di KPK. “BAP nomor 27, 1 bungkus kado saya antar ke Hotel Century bertemu Wayan. Satu bungkus lainnya saya serahkan ke Rina untuk serahkan ke Angie setelah itu saya tidak tahu lagi teknisnya. Betul keterangan saksi?” tanya Nasrullah.

“Ini sebetulnya (sebagian) untuk Oheo,” jawab Bayu. Tapi dalam persidangan Bayu tidak menjelaskan maksud pemberian uang ke Oheo untuk proyek yang digarap Grup Permai.

Sementara di luar persidangan usai menjadi saksi, Bayu mengaku hanya diperintahkan Rosa terkait penyerahan uang. “Cuma kita diperintah Rosa lewat telepon atau BBM,” katanya.

Dia menyebut jatah Oheo diberikan terkait proyek di Kementerian Agama. “Kemungkinan iya,”. Grup Permai menurut Bayu juga pernah menggarap proyek di kementerian tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s